Selamat Datang di Situs Media Informasi Seksi Dikmas, Bidang Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi”

Sunday, February 17, 2013

KANPUSDA PERINGATI HARI BACA DAN HARI KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN SUKABUMI 2012


Kantor Perpustakaan Daerah (Kanpusda) Kabupaten Sukabumi  gelar pekan kegiatan memperingati Hari Baca dan Hari Kunjungan Perpustakaan yang diselenggarakan 8-10 Desember 2012 yang lalu  diisi dengan  berbagai acara menarik. Lomba Dongeng berbahasa sunda (SD/MI),  Festival Band (SMA/MA) dengan lagu utama bertemakan “Perpustakaan”, Lomba Mewarnai (PAUD), dan pameran yang melibatkan penerbit, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Komunitas Reftil, Darma Wanita, dan Kanpusda.
Dibuka oleh Bupati Kabupaten Sukabumi H. Sukmawijaya setelah mengikuti Jalan Sehat yang juga merupakan rangkaian kegiatan yang digelar Kanpusda tersebut, dalam amanatnya di depan tamu undangan yang terdiri para pejabat dilingkungan Pemda, dan tamu undangan khusus, beliau menyampaikan pentingnya membaca sebagai cara terbaik untuk menjadi cerdas. Bupati menambahkan bahwa membaca harus menjadi “kebiasaan” setiap orang, dan kebiasaan harus dilakukan dengan “pemaksaan”, artinya membaca itu harus dipaksakan karena itu adalah perintah pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW melalui firmannya “Iqro”.
Bupati Sukabumi
Acara yang digelar selama tiga hari, diisi dengan pemberian penghargaan kepada pihak ketiga yang telah berjasa terhadap perkembangan perpustakaan daerah tersebut. Para penerima penghargaan tersebut adalah:  Drs. H. Lukman Hakim (Mantan anggota DPR-RI periode 2004-2009) atas jasanya menyumbangkan koleksi buku; Hj. Inggrid Kansil mewakili SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu)  yang telah menyumbangkan 1 unit mobil dan 2 unit sepeda motor Perpustakaan Keliling; Perwakilan Perpuserunya Cocacola Foundation yang juga telah menambah koleksi buku, serta berbagai event pelatihan untuk pustakawan yang sangat bermanfaat bagi Kanpusda Kabupaten Sukabumi.
Kepala Kanpusda H. Jhabbar Winara dalam sambutannya (dalam sunda) di hari kedua (9/12) menyampaikan kondisi perpustakaan serta peranannya dalam meningkatkan minat baca masyarakat sebagai upaya membentuk masyarakat yang cerdas. Ajakan kepada semua lapisan masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk mengunjungi perpustakaan disampaikan secara lugas bahwa perpustakaan milik semua sehingga fasilitas yang disediakan Kanpusda semuanya “Gratis”. Baca Buku, Jadi Anggota, Pinjam Buku, Nonton Film dan Dengerin Cerita, semuanya gratis untuk masyarakat sambil menunjuk kearah banner berukuran besar yang dipampang tepat di depan gedung utama Kanpusda. Upaya lain untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke perpustakaan, Pupuhu Kanpusda tersebut telah menyampaikan usulan kepada Gubernur Jawa Barat agar di tahun 2013 nanti, semua stap dan pustakawan agar diperbolehkan untuk tidak mengenakan seragam wajib PNS ( Gading dan Hansip) sehingga lebih terkesan akrab dan bersahabat.
Kehadiran peserta dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang diwakili TBM Cempaka dan Nurul Iman yang menampilkan hasil kerajinan tangan berbasis buku hasil binaan Kanpusda di stand yng disediakan secara gratis untuk semua peserta pameran, serta Forum TBM Jawa Barat turut menambah warna lain pada kegiatan yang rencananya akan digelar secara rutin setiap tahunnya seperti yang disampaikan oleh Deden Saripudin ketua panitia di sela-sela kesibukannya memantau acara. “Mudah-mudahan acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun melaui dukungan dana dari APBD Pemda Kabupaten Sukabumi” harapnya. Harapan yang sama juga disampaikan oleh Dra. Nunung Nuriah, M.Pd (Kasi Pelayanan) Kanpusda.
Tampil di depan peserta lomba Pasanggiri Dongeng, Ayah Salwa pendongeng dari Forum TBM memberikan motivasi kepada pendongeng cilik untuk tampil berani dan tahan mental karena “pemenang lomba sebenarnya adalah yang berani tampil dan bermental kuat” ujarnya. Untuk menghilangkan ketegangan peserta lomba,ditampilkan di sela-lomba penari jaipong Agnia Rachma putri ketua Forum TBM Jawa Barat Heni Rohaeni.
Kemeriahan acara dari awal hingga akhir yang dipandu para pustakawan Kanpusda  Bu Nani, Tanti, bunda, Rani dan dedi semakin bermakna karena pesan-pesan untuk membaca dan mengunjungi perpustakaan selalu dihimbaukan kepada seluruh pengunjung dan peserta tak lupa disediakan Door Prize bagi yang bisa menjawab pertanyaan seputar perpustakaan dan peserta jalan sehat yang beruntung pada pengundian nomor peserta.
Berikut para pemenang 1 – 3 yang diumumkan di akhir lomba: Pasanggiri Dongeng Ariba, Syifa Dahana Putri, dan M. Fikri, Nz ; Festival Band: Story of SMARSI , Scooty of MAN Surade, Magma Band SMAN Cibadak, Lomba Kliping Baca: MTs. Al-Falah, Yayasan Nurunnisa Cicurug, MTs. Al-Fitriyah, Lomba Mewarnai Nabila Agnesia dari TK Mekarsari, Raisa M dari TK Kartika 18, dan M. Nanda dari TK Mekarsari. Masing-masing juara mendapat hadiah tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Kegiatan ditutup oleh Kepala Kanpusda diiringi dengan ucapan rasya syukur dan selamat kepada para juara. (Adesap).

0 comments:

Post a Comment

 
Cooperation with bloggers Edit