Selamat Datang di Situs Media Informasi Seksi Dikmas, Bidang Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi”

Wednesday, October 8, 2014

Isu Siswa SD tidak melanjutkan ke SMP menjadi topic utama di acara Rakor Dewan Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi  Dr.Maman Abdurahman,M.Pd. beserta jajarannya Kepala Bidang SD, Kepala Bidang SMP, Kepala Bidang SMA, Kepala Bidang Pendidikan Nonformal, Para Kasi setiap Bidang dan Para Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan se Kabupaten Sukabumi hadir dalam acara Rakor Dewan Pendidikan yang dilaksanakan Rabu, 8 Oktober 2014 di Aula Hotel Augusta Cikukulu Sukabumi. Pelaksanaan ini mengambil tema “Melalui Loka Karya Desiminasi Program Kerja Dewan Pendidikan tahun 2014 Kita tingkatkan peran serta masyarakat dalam perumusan kebijakan pendidikan di Kabupaten Sukabumi”.
Kepala Dinas Pendidikan dalam paparannya menyampaikan beberapa hal diantaranya Isu Strategis Bidang Pendidikan; Isu tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas) dan program lainnya. Yang menjadi sorotan utama adalah program wajar dikdas salahsatunya adalah Isu tentang Siswa SD yang tidak melanjutkan ke SMP. Ternyata pada tahun 2014 dari data yang ada setelah melalui pendataan yang cukup panjang yang melibatkan semua jajaran Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan didapat siswa SD yang tidak melanjutkan  ke jenjang SMP adalah jumlahnya mencapai 839 siswa. Sementara siswa yang melanjutkan jumlahnya 50.822 siswa (98,38%). Dan data sekolah SD/MI berikut siswa Lulusan tahun 2014 adalah :

SD
MI
Jumlah
Jumlah Sekolah
1.186
305
1.491
Jumlah Lulusan
43.258
8.403
51.661

Dari jumlah 839 siswa yang tidak melanjutkan tersebut alas an apa saja kenapa mereka tidak melanjutkan, setelah diadakan penulusuran yang cukup makan waktu, ternyata didapat beberapa alas an ungkap Maman Abdurahman yaitu :
ALASAN
JUMLAH
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
15
Bekerja
18
Geografis
3
Tidak Minat
401
Masuk Paket B setara SMP
5
Pontren Tradisional
323
Pindah ke luar Kabupaten
10
Sakit
4
Tahun berikutnya
1
Tidak ada keterangan
58
Wafat
1
Jumlah
839

Permasalahan tersebut menjadi tanggung jawab bersama, sehingga perlu mendapat dukungan semua pihak,  Pemerintah, masyarakat dan orang tua dengan harapan ada upaya bagaimana siswa yang tidak melanjutkan sejumlah itu dapat didorong untuk bisa masuk ke jenjang SMP dan program wajar Dikdas tahun berikutnya dapat terlaksana dengan target bisa 100%.

Kegiatan Rakor diakhiri dengan acara diskusi menampung masukan tentang permasalahan permasalahan pendidikan dibagi 3 kelompok dari peserta yang hadir. Kelompok I Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Nonformal Informal dengan pokok Bahasan Penyelenggaraan PAUD dan Pendidikan Nonformal lainnya termasuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan berikut Pembiayaan Pendidikan. Kelompok II Bidang Pendidikan Dasar dengan pokok Bahasan Pendirian Sekolah Baru, Penerapan Standar Pelayanan Minimal dan Pembiayaannya. Kelompok III Bidang Pendidikan Menengah dengan pokok bahasan Pendirian Sekolah Baru, Relevansi Pendidikan berikut pembiayaannya.
Permasalahan permasalahan dari ketiga kelompok ditampung sebagai bahan kajian, pertimbangan dan kebijakan pendidikan di Kabupaten Sukabumi. (pri

0 comments:

Post a Comment

 
Cooperation with bloggers Edit