Selamat Datang di Situs Media Informasi Seksi Dikmas, Bidang Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi”

Tuesday, September 29, 2015

Guru PAUD Kecamatan Sukabumi berjama’ah Penginputan Dapodik PAUD Dikmas tahun 2015

Guru PAUD sedang praktek
penginputan DAPODIK
Tidak seperti biasanya di lembaga PAUD An-nahl Desa Warnasari Kecamatan Sukabumi kesehariannya ramai dengan anak-anak usia dini mengikuti proses pembelajaran PAUD, namun di awal minggu terakhir  bulan September, Senin, 28 September 2015 di Ruang pembelajaran PAUD An-Nahl ramai diisi oleh  ibu ibu guru PAUD yang sengaja hadir dari beberapa desa se Kecamatan Sukabumi diantaranya dari Desa Warnasari, Desa Karawang, Desa Parungseah, Desa Perbawati, Desa Sudajaya Girang dan Desa Sukajaya, mereka hadir atas undangan pengurus HIMPAUDI Kecamatan Sukabumi yang di Ketuai Surtini Sudrajat,S.Pd.AUD. Begitupun dalam proses pembelajaran di PAUD An-nahl ini biasanya anak-anak PAUD di tunjang dengan APE dalam bentuk bermacam macam permainan, namun ibu ibu guru PAUD yang hadir ditunjang dengan APE dalamnya adalah LAPTOP sarana penunjang Informasi dan Teknologi. Ternyata proses kegiatan yang dilaksanakan ibu-ibu guru PAUD adalah kegiatan Workshop penginputan DAPODIK PAUD DIKMAS, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Workshop  tingkat Kabupaten yang diselenggarakan 22 September 2015 yang lalu di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Pada saat itu dari Kecamatan Sukabumi hadir diwakili oleh Sekretaris HIMPAUDI Dedeh Nugrahati,S.Pd.AUD.

Pengurus PAUD An-Nahl
Sebelum penginputan DAPODIK dimulai Sri Susilawati,S.Pd selaku tuan rumah dan atas nama pimpinan lembaga PAUD Kelompok Bermain An-Nahl menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta yang hadir termasuk kepada Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukabumi Drs.Mamay Sumarna,M.Pd. dan penilik PAUD Kecamatan Sukabumi, dan ucapan terima kasih disampaikan Sri pula atas kepercayaan kepada lembaga PAUD An-Nahl yang berlokasi di Kp.Selaawi Selabintana Sukabumi dijadikan tempat pertemuan para guru PAUD se Kecamatan Sukabumi dalam kegiatan penginputan DAPODIK PAUD DIKMAS hal ini merupakan kehormatan bagi pengurus PAUD An-Nahl, ungkapnya diakhir sambutan.

DAPODIK PAUD-DIKMAS sangat diperlukan untuk penyiapan data dan informasi bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi pelaksanaan semua program di lingkungan Dinas
Kepala UPTD Pendidikan sedang
memberikan sambutan
Pendidikan, ungkap Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sukabumi di sela sela sambutannya, oleh karenanya Kepala UPT mengucapkan terima kasih kepada pengurus HIMPAUDI Kecamatan Sukabumi yang telah memprakarsai kegiatan penginputan DAPODIK PAUD DIKMAS di Kecamatan Sukabumi, dengan harapan penginputan DAPODIK dapat tuntas sesuai target yang telah ditentukan sehingga semua Data Pokok Pendidik PAUD khususnya di Kecamatan Sukabumi dapat akurat dan bisa di akses secara online.

Teknis pelaksanaan penginputan DAPODIK dipaparkan oleh
Sekretaris HIMPAUDI
sedang memaparkan teknis
penginputan DAPODIK
Sekretaris HIMPAUDI Kecamatan Sukabumi Dedeh Nugrahati, mulai dari teknis bagaimana cara menginstal Aplikasi DAPODIK PAUD DIKMAS baik aplikasi versi 1.1.2 maupun versi 1.1.3. dan bagaimana cara pengiputan DAPODIK menggunakan aplikasi yang sudah terinstal di media LAP TOP masing-masing peserta.

Secara umum, DAPODIK PAUD-DIKMAS dapat berfungsi untuk mendukung:
1.    Perencanaan program dan penganggaran PAUDNI
2.    Evaluasi pelaporan pelaksanaan dan capaian program PAUDNI
3.    Pembinaan terkait pelaksanaan program PAUDNI

Untuk mendukung perencanan dan penganggaran, program PAUDNI, DAPODIK dapat dijadikan referensi dalam memenuhi:
1.    Jumlah sasaran menurut jenis program
2.    Jumlah anggaran perjenis program
3.    Prioritas sasaran program untuk APBN dan APBD
4.    Merubah komposisi pagu anggaran sesuai prioritas kebutuhan

Terkait dengan evaluasi pelaporan program PAUDNI, DAPODIK akan bermanfaat untuk:
1.    Menampilkan data untuk mendukung hasil kajian dan analisis
2.    Menampilkan fakta dalam bentuk table, grafik dan geospasial
3.    Melengkapi lampiran data capaian pelaksanaan program

Untuk pembinaan program PAUDNI di lapangan, seperti bimbingan teknis, workshop dan monitoring, DAPODIK membantu untuk:
1.    Menentukan prioritas program pembinaan program
2.    Menampilkan data detail satuan PAUDNI
3.    Menjadikan sarana pembinaan informasi umum tentang capaian kinerja program PAUDNI, seperti APK, rasio, komposisi program dan jenis satuan PAUDNI.

Suasana interaktif Narasumber (Deh Nugrahati) sedang memberikan
bimbingan share teknis penginputan DAPODIK.
Ditulis oleh : deh (PAUD An-Nahl).

0 comments:

Post a Comment

 
Cooperation with bloggers Edit