Selamat Datang di Situs Media Informasi Seksi Dikmas, Bidang Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi”

Sunday, September 6, 2015

Keikutsertaan PAUD di Sukabumi di atas rerata provinsi.

SUKABUMI, PAUD DAN DIKMAS.  Keikutsertaan anak-anak di Sukabumi mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) cukup tinggi. Hal tersebut tercermin dari Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD Kota Sukabumi yang mencapai 76,97 persen pada akhir tahun 2014.
Jumlah tersebut berada di atas rerata APK PAUD provinsi Jawa Barat sebesar 64,11 persen, bahkan rerata secara nasional yang mencapai 68,01 persen. “Kami sangat mengapresiasi peran dan komitmen Walikota Sukabumi, pemerintah kota dan seluruh partisipasi masyarakat,” ucap Direktur Pembinaan PAUD, Ella Yulaelawati, saat menghadiri Seminar Sehari Gerakan Nasional PAUD Berkualitas, di Sukabumi, Rabu (2/9).
APK merupakan proporsi peserta didik PAUD terhadap jumlah anak di suatu wilayah atau suatu negara. Jadi misalkan sebuah wilayah memiliki 1.000 anak PAUD berusia 3-6 tahun, dan terdapat 700 anak yang mengikuti program PAUD. Maka APK PAUD wilayah tersebut adalah 70 persen.
Bunda PAUD Kota Sukabumi, Esih Setiasih mengatakan, PAUD di Kota Sukabumi tumbuh subur berkat kesadaran yang tinggi dari seluruh masyarakat tentang pentingnya PAUD. Jumlah Kelompok Bermain di Kota Sukabumi mencapai 178 lembaga, dan Taman kanak-kanak sebanyak 68 lembaga. “Kami ingin menciptakan lingkungan PAUD yang baik untuk anak-anak, dan kami akan mendukung Gerakan Nasional PAUD Berkualitas,” tegasnya.
Esih menyebutkan, hampir setiap Rukun Warga (RW) di Kota Sukabumi sudah memiliki satu PAUD bahkan lebih. Namun, memang kualitas pendidik dan pembelajarannya masih perlu ditingkatkan. “Kami ingin anak-anak usia dini di Sukabumi menjadi orang-orang yang cemerlang di masa mendatang melalui program PAUD,” harapnya.
Seminar sehari tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan untuk anak-anak usia dini. Acara yang dihadiri oleh para pimpinan daerah di kota Sukabumi tersebut dimeriahkan lebih dari 1.000 anak-anak PAUD. 
(Yohan Rubiyantoro/HK)
Sumber : http://www.paudni.kemdikbud.go.id/berita/7349.html 

0 comments:

Post a Comment

 
Cooperation with bloggers Edit