Selamat Datang di Situs Media Informasi Seksi Dikmas, Bidang Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi”

Tuesday, February 26, 2013

Mendongeng, Media Transfer Pengetahuan dan Moral.


Depok -- Mendongeng bukan hanya sekedar menghibur tapi juga menjadi media transfer pengetahuan, nilai, dan moral bagi anak. Jadi, melalui dongeng anak bisa berperilaku baik, sehat, sopan, patuh, jujur. "Mendongeng adalah salah satu cara ampuh dalam membentuk karakter anak," kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, dan Nonformal, Informal (PAUDNI) Lydia Freyani Hawadi, pada pembukaan pelatihan Dongeng Bunda PAUD di D Mall, Depok, Jumat (22/2).
Lydia mengapresiasi pelatihan mendongeng yang ditujukan pada Bunda PAUD tersebut. Kegiatan yang diinisiasi oleh Frisian Flag ini tidak hanya digelar di Depok, tapi juga di sejumlah kota lainnya yaitu Surabaya, Purwokerto, dan Semarang. "Ini adalah kegiatan yang sangat membahagiakan karena kita tahu PAUD adalah pondasi atau dasar perkembangan anak manusia baik fisik, mental, kecerdasan, dan kepribadiannya," kata Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini kepada seluruh peserta.
Oleh karena itu, kepada para Bunda PAUD yang yang menjadi peserta, Lydia berpesan agar dapat fokus dan kreatif selama pelatihan sehingga kelak apa yang dipelajari dapat berguna bagi anak didiknya. Selain itu, untuk semakin memasyarakatkan kegiatan mendongeng, Dirjen PAUDNI juga berharap lomba mendongeng bisa terus diselenggarakan pada setiap Hari Anak Nasional.
Saat ini, katanya menambahkan, jumlah anak PAUD di Indonesia saat ini ada 31 juta anak. Di antara mereka ada yang kurang beruntung, karena masih ada desa-desa yang belum terdapat PAUD. Oleh karena itu, kegiatan yang dapat meningkatkan kepedulian terhadap PAUD seperti ini diharapkan dapat terus diselenggarakan di seluruh penjuru tanah air. (NW,  sumber: http://paudni.kemdikbud.go.id)

0 comments:

Post a Comment

 
Cooperation with bloggers Edit